Senin, 09 Desember 2013

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA





Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang kian pesat, peranan Sumber Daya Manusia (SDM) dirasakan semakin penting bagi badan usaha. Kualitas sumber daya manusia organisasi sangat menentukan sukses atau gagalnya pencapaian tujuan organisasi.
Sumber daya manusia merupakan sumber dayaorganisasi yang paling vital dan diakui sebagaiasset yang paling berharga bagi badan usaha.
PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah
pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat
menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau
dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department. Menurut A.F. Stoner
manajemen sumber daya manusia adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan
untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk
ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.
Berikut ini adalah pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut para ahli:

1. Menurut Melayu SP. Hasibuan.

MSDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan
efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

2. Menurut Henry Simamora

MSDM adalah sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balasan jasa
dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja.
MSDM juga menyangkut desain dan implementasi system perencanaan, penyusunan
personalia, pengembangan karyawan, pengeloaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan
dan hubungan perburuhan yang mulus.

Model Manajemen Sumber Daya Manusia
1.     Model Klerikal
2.      Model Hukum
3.     Model Finansial
4.     Model Manjerial
5.     Model Humanistik
6.     Model Ilmu Perilaku
Aspek Pengembangan SDM
Aspek kuantitas yang mencakup jumlah SDM yang tersedia ataupenduduk,
Aspek kualitas
yang mencakupkemampuan SDM baik fisik maupunnon fisik atau kecerdasan dan mentaldalam melaksanakan pembangunan.

BEBERAPA CARA YANG DILAKUKAN DALAM HALPENGEMBANGAN SDM
Melakukan pelatihan-pelatihan
Memberikan
reward 
bagi karyawan yangkerjanya mencapai target yang diberikanoleh perusahaan.
Meningkatkan kompetensi individu karyawanpada perusahaan tersebut

BEBERAPA TUJUAN DILAKUKANNYA PELATIHAN
Meningkatkan pengetahuan karyawan dalam halbudaya dan pesaing mancanegara yangdiperlukan untuk sukses di pasar internasional.
Membantu meyakinkan bahwa karyawan memilikiketerampilan dasar dalam teknologi ataukomputer.
Membantu karyawan dalam memahamibagaimana bekerja dengan efektif untukmeningkatkan kualitas produk.
Menekankan budaya organisasi dalam inovasi,kreatifitas dan pembelajaran.


kesimpulan

Masalah SDM dalam suatu perusahaan sangatlahbervariasi, maka dari itu suatu perusahaan harusmengetahui apa kekurangan dan kelemahan dari SDMnya sendiri.
Pelatihan SDM bertujuan untuk meningkatkan
skill 
darikaryawan tersebut mulai dari teori, perilaku kerja, danpemikirannya.


DAFTAR PUSTAKA
http://hildaagustina.blogspot.com/2012/01/pengertian-manajemen-sumber-daya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar