Sabtu, 11 Oktober 2014

PUSAT KOPERASI INDUSTRI SUSU (PKIS) SEKAR TANJUNG



Di Indonesia banyak sekali koperasi-koperasi yang menjadi primadona bagi masyarakat, salah satunya adalah Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekar Tanjung. Saya akan menganalisa koperasi PKIS Sekar Tanjung. Koperasi Sekar Tanjung ini merupakan salah satu industri pengolahan susu yang menghasilkan produk susu UHT kemasan. Koperasi ini diresmikan dan mulai beroperasi pada tanggal 18 April 2005. Alamat koperasi terletak di jalan Raya Puntir, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Jumlah karyawan koperasi Sekar Tnjung ini sebanyak ± 650 orang. Koperasi Sekar Tanjung ini memiliki izin perusahaan no. 517/284/424.061/2003.

Susu yang dihasilkan oleh para anggota koperasi perternakan dijual ke PT.Nestle Indonesia yang teerletak di kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan, PT. Sari Husada di jawa tengah dan sebagian kecil dijual langsung ke konsumen. Dan koperasi tersebut menghaslikan susu kualitas 1karena ditangani secara hiegienis. Dalam rangka mendukung terwujudnya generasi yang sehat dan cerdas serta meningkatkan taraf perekonomian anggota, koperasi-koperasi tersebut terus-menerus mengembangkan budidaya sapi perah. Untuk menampung hasil produksi susu maka koperasi-koperasi tersebut mendirikan pabrik yang diberi nama PKIS Sekar Tanjung.

Di Kabupaten Pasuruan ada 5 koperasi yang bergerak dalam penngembangan sapi perah yaitu KPSPN Setia Kawan, KUTT Suka Makmur, KUD Sembada dan Koperasi Sehat Sempurna. Usaha pengmbangan sapi perah yang dikelola oleh para anggota koperasi telah mampu memperkuat struktur perkonomian kabupaten pasuruan.

1.    Konsep Koperasi

Konsep koperasi itu terdiri dari 3 konsep yaitu, konsep koperasi barat, konsep koperasi sosialis, dan konsep koperasi negara berkembang. Berikut ini adalah penjelasan tentang konsep- konsep tersebut:

a.     Konsep koperasi barat
Konsep Koperasi ini merupakan organisasi swasta, yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang mempunyai persamaan kepentingan dan maksud mengurusi kepentingan para anggotanya serta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi maupun perusahaan koperasi.

b.     Konsep koperasi sosialis
Konsep koperasi ini direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi, untuk menunjang perencanaan sosial.
Menurut konsep ini koperasi tidak bekerja sendiri tetapi merupakan subsistem dari sistem sosialisme untuk mencapai tujuan-tujuan sistem sosialis-komunis .

c.      Konsep koperasi Negara berkembang
Konsep koperasi ini mempunyai cirri-ciri yaiyu, dominasi dari pemerintah yang trlalu campur tangan dalam hal pembinaan dan pengembangannya.

Dari koperasi yang saya analisis yaitu Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekar Tanjung masuk ke dalam konsep koperasi barat karena Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekar Tanjung di bentuk secara suka rela oleh orang-orang  yang mempunyai kepentingan bersama dalam menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi maupun perusahaan koperasi.

2.    Aliran Koperasi

Di dalam suatu koperasi terdapat berbagai macam aliran koperasi. Paul Hurbert membaginya menjadi 3 aliran yaitu:

a.     Aliran Yardstick
Didalam aliran ini pemerintah tidak ikut campur tangan dalam kegiatan koperasi.
Cirri-ciri Aliran Yardstick yaitu :
-         Dijumpai pada negara-negara yang berideologi kapitalis atau yang menganut perekonomian Liberal
-         Koperasi dapat menjadi kekuatan untuk mengimbangi, menetralisasikan dan mengoreksi
-         Pengaruh aliran ini sangat kuat, terutama dinegara-negara barat dimana industri berkembang dg pesat. Spt di AS, Perancis, Swedia, Denmark, Jerman, Belanda dll.
-         Pemerintah tidak melakukan campur tangan terhadap jatuh bangunnya koperasi di tengah-tengah masyarakat. Maju tidaknya koperasi terletak di tangan anggota koperasi sendiri

b.     Aliran Sosialis
Berbanding terbalik dengan Aliran Yardstick, di Alirann Sosialis ini pemerintah ikut campur tangan dalam kegiatan koperasi.
Ciri-ciri Aliran Sosialis :
-         Koperasi dipandang sebagai alat yang paling efektif untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, disamping itu menyatukan rakyat lebih mudah melalui organisasi koperasi
-         Pengaruh aliran ini banyak dijumpai di negara-negara Eropa Timur dan Rusia

c.      Aliran Persemakmuran (Commonwealth)
Di aliran persemakmuran ini, koperasi bersifat kemitraan dengan pemerintah.
Ciri-ciri Aliran Persemakmuran :
-         Koperasi sebagai alat yang efisien dan efektif dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat
-         Koperasi sebagai wadah ekonomi rakyat berkedudukan strategis dan memegang peranan utama dalam struktur perekonomian masyarakat
-         Hubungan Pemerintah dengan gerakan koperasi bersifat “Kemitraan (partnership)”, dimana pemerintah bertanggung jawab dan berupaya agar iklim pertumbuhan koperasi tercipta dengan baik
Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekar Tanjung ini menganut aliran  persemakmuran (commonwealth) karna koperasi tersebut berkerjasama dengan 5 koperasi daerah pasuruan lainnya dan pemerintah ikut andil dalam mengelola koperasi untuk memperkuat struktur perekonomian kabupaten pasuruan.

3.    Sejarah

Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekar Tanjung,  yang berada di jln. Puntir, Desa Martopuro, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. PKIS Sekar Tanjung ini beroperasi mulai 2005, yang dipimpin oleh Wempy Harianto Selaku Manajer Sumberdaya Manusia PKIS Sekar Tanjung. Pembentukan Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekar Tanjung ini merupakan penyatuan dari beberapa Koperasi Unit Desa. Selain itu PKIS memang secara resmi didorong perkebangannya oleh pemerintah.

Susu yang dihasilkan oleh para anggota koperasi perternakan dijual ke PT.Nestle Indonesia yang teerletak di kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan, PT. Sari Husada di jawa tengah dan sebagian kecil dijual langsung ke konsumen. Dan koperasi tersebut menghaslikan susu kualitas 1karena ditangani secara hiegienis. Dalam rangka mendukung terwujudnya generasi yang sehat dan cerdas serta meningkatkan taraf perekonomian anggota, koperasi-koperasi tersebut terus-menerus mengembangkan budidaya sapi perah. Untuk menampung hasil produksi susu maka koperasi-koperasi tersebut mendirikan pabrik yang diberi nama PKIS Sekar Tanjung.

Koperasi Sekar Tanjung ini berdiri di atas lahan seluas 2,75 hektare. Kapasitas produksi nya sekitar 1200 ton/bulan. Merek produk yang dihasilkan oleh Sekar tanjung antara lain :
- Susu Starkit (rasa Plain, Stroberi, Coklat),
- Sekar (rasa Plain, Stroberi, Coklat) dan
- Idola (rasa Plain, Stroberi, Coklat).

Daerah pemasaran meliputi Surabaya, Malang dan Kediri. Selain itu juga memproduksi Milk & Me (rasa Plain, Stroberi, Coklat) untuk Eastraits Pte. Ltd. dan Juara (rasa Plain, Stroberi, Coklat, Vanila, Moccacino, Melon) untuk PT. Lintang Visi Kusuma.

Didirikannya sekar tanjung karena adanya pemikiran yang sama antara pengurus-pengurus koperasi primer,  untuk mamajukan koperasi dan tidak ada monopoli untuk penjualan fresh milk, karena sebelum didirikannya ‘Sekar Tanjung’ penjualan fresh milk dari koperasi-koperasi lain hanya pada satu perusahaan, yang bisa merugikan pihak-pihak koperasi lain karena tidak ada tempat lagi yang bisa menampung susu mereka, sehingga muncul ide mendirikan ‘Sekar Tanjung’. Sekar tanjung didirikan agar bisa menampung fresh milk dari koperasi-koperasi tersebut. dan ‘Sekar Tanjung’ mengolah fresh milk tadi menjadi susu siap saji yaitu susu UHT.

4.    Tujuan

Tujuan dari Pusat Koperasi Industri Susu (PKIS) Sekar Tanjung ialah :
a)     Menjamin pelaksanaan kebijakan menyangkut kehalalan produk yang dihasilkan industri, yang dicanangkan industri secara konsisten dengan mengacu pada aturan yang telah ditetapkan oleh LPPOM-MUI
b)    Mampu berperan sebagai bentuk kepedulian industri terhadap kepentingan konsumen terutama konsumen muslim dalam mengkonsumsi hanya makanan/minuman halal
c)     Sebagai salah satu bentuk pelayanan dari PKIS Sekar Tanjung kepada konsumen perusahaan mitra menyangkut jaminan kehalalan produk yang dihasilkan. Hal ini berkaitan dengan kebijakan management yang menerapkan sistem tailor made selain memproduksi produknya sendiri
d)    Meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah sekitar pasuruan.

5.    Prinsip

Prinsip yang yang digunakan oleh PKIS Sekar Tanjung ialah Prinsip Koperasi Indonesia Menurut UU No.25 tahun 1992 karena:

a)     Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
b)    Pengelolaan dilakukan secara demokrasi
c)     Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa masing-masing
d)    Pemberian batas jasa yang terbatas terhadap modal
e)     Kemandirian 
f)      Pendidikan perkoperasian
g)     Kerja sama antar koperasi

6.     Organisasi

Organisasi koperasi PKIS Sekar Tanjung berkerjasama dengan 5 koperasi yang bergerak dalam pengembangan sapi perah yaitu :
1.    KPSP Setia Kawan,
2.    KUTT Suka Makmur,
3.     KUD Dadi Jaya,
4.    KUD Sembadaya,
5.    Koperasi Sehat Sempurna
Kelima organisasi tersebut membantu memasok susu segar sapi perah ke PT. Nestle sebanyak 100 ton perhari. Karena PT. Nestle masih kekurangan susu segar sapi perah.
Beberapa makloon yang berproduksi di PKIS Sekar Tanjung yaitu :
a)     PT. Danone Dairy Indonesia memproduksi susu Milkuat Freezy kemasan pouch (rasa Coklat), Milkuat kemasan 125 ml (rasa Chocolicious, Strawberry Fantasy, Vanilla Dream).
b)    PT. Indolakto memproduksi susu Indomilk Kids (rasa Coklat).
c)     PT. Garuda Food Putra Putri Jaya Indonesia memproduksi susu Clevo (rasa Stroberi, Cokelat, Cokelat Putih, Stroberi Splash dan Orange Punch).
d)    PT. Kalbe Farma memproduksi susu Cerebrofort Enerkids rasa Malt (Original dan Coklat).

7.    Hirarki

Tugas/kewajiban :
a)     Menyelenggarakan rapat anggota dan pengurus
b)    Melaksanakan semua keputusan rapat anggota

Hak/wewenang:
a)     Anggota pengurus berhak mendapatkan SHU sesuai anggaran dasar
b)    Memperoleh fasilitas guna melancarkan tugasnya sesuai fasilitasnya
c)     Menerima gaji sesuai dengan kesepakatan bersama ketika rapat anggota koperasi

SUMBER :
http://sjhsekartanjung.webs.com/aboutus.htm

3 komentar: