Sabtu, 14 Mei 2016

SEDIKIT MENGENAL TENTANG TOEFL

1. Pengertian Toefl 

TOEFL (Test of Eanglish as a Foreign Language) atau (Test Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing) adalah test bahasa inggris yang diciptakan dan dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service) di New Jersey USA sejak tahun 1963. Test ini digunakan untuk mengukur kecakapan (proficiency) berbahasa inggris seseorang dalam konteks akademis.

Toefl ini penting untuk teman-teman yang ingin belajar atau menuntut ilmu untuk bersekolah diluar negeri juga untuk syarat memperoleh beasiswa juga di beberapa instasi kerja swasta dan negeri, didalam dan di luar negeri sebagai pra syarat bagi pelamar kerja maupun untuk kenaikan jabatan atau promosi. 


Untuk dapat diterima di negara-negara barat, calon mahasiswa harus memiliki standar nilai TOEFL yang sudah ditetapkan oleh masing-masing universitas di negara-negara barta tersebut. misalnya TOEFL score di negara eropa adalah 500 (minimum), TOEFL score untuk negara amerika adalah 550 (minimum).

2. Jenis TOEFL dan Skornya
Toefl terdiri dari 2 jenis yaitu:

1) Computer-based Testing adalah ujian toefl yang menggunakan komputer. Materi yang diujikan adalah listening, structure, reading and writing dengan score range  0-300 ,lama waktu test 2-2,5 jam.

2) Paper-based Testing adalah yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS. Ujian toefl yang menggunakan kertas sebagai media pengujinya yang harus diisi dengan pensil 2B. Materi yang diujikan adalah listening, structure, and reading denagn score range 310-677, lama waktu test 2-2,5 jam.

3) Inter-based Testing adalah bentuk toefl yang terbaru yang dikeluarkan ETS dan mulai dipraktikan sejak tahun 2005 dan di indonesia sendiri baru di praktekan tahun 2006 sebagai standar internasional toefl test diakui di dunia. Peserta toefl test langsung on-line dengan ETS dan menjawabnya juga secara on-line.


3. Ada empat bagian yang diujikan dalam Test TOEFL :

a) Listening Comprehension
Bagian ini digunakan untuk menguji kemampuan peserta tes dalam bahasa inggris. Para peserta diharapkan bisa menyimak setiap dialog maupun monolog yang berasal dari tape recorder.

b) Structure and Written Expression
Pada bagian ini digunakan untuk mengetahui kemampuan gramatikal peserta, termasuk gaya-gaya dalam bahasa tulis an dalam bahasa inggris. 

c) Reading Comprehension
Pada bagian ini ditujukan untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap teks-teks tertulis dalam bahasa inggris. Secara umum, para peserta diharapkan bisa menjawab pertanyaanpertanyaan mengenai arti, ide, informasi yang spesifik serta kosa kata tertentu yang terdapat dalam bacaan-bacaan yang diujikan.

d) Test of English Written (WTE)
Pada bagian ini untuk mengetahui kemampuan peserta dalam melakukan tulis menulis dalam bahasa inggris. Dalam ujian ini peserta tes diberikan satu topik atau tema tertentu dan selajutnya diminta untuk menlis ide mengenai tema tersebut. Namun tidak semua tes toefl mengujikan TWE bahkan hanya sediit yang memasukannya sebagai materi pengujian.

Contoh soal dalam toefl :
Ø Contoh soal TOEFL Structure dan pembahasannya:
1. I wish you would tell me ………………….
(A) Who is being lived next door
       (B) Who does live in the next door
       (C) Who lives next door
       (D) Who next door was living
#Urutan kalimat yang benar adalah subject + verb + (complement) + (modifier). Jadi kalimat (D) sudah pasti salah karena tidak sesuai aturan baku. Sedangkan pada kalimat (A), is being lived tidak mungkin pada model struktur verbal. Kemudian kalimat (B) dapat diabaikan karena kata does dan in the tidak penting berada dalam kalimat model ini. Jadi jawaban yang benar adalah (C).


2. During the Daytona, the lead car …………,leaving the others far behind.
(A) Forwarded rapidly
       (B) Advanced rapidly
       (C) Advanced forward rapidly
       (D) Advanced in a rapidly manner
#Setelah subject ‘the lead car’ tentunya Anda akan membutuhkan verb untuk melengkapi kalimat tersebut. Kata forward bukan merupakan verb, jadi jawaban (A) salah. Lalu jawaban (B) adalah benar verb + adverb rapidly. Jawaban (C) berlebihan karena advanced artinya move forward, sedangkan jawaban (D) tidak tepat karena rapidly harusnya digunakan sebagai bentuk adjective.


3. In the(A) United States, there(B) are much(C) holidays throughout the(D) year.Dalam kalimat ini tampak bahwa kata much dapat dikategorikan sebagai non-count nouns sedangkan kata holidays merupakan count noun.
Jadi kata yang salah adalah (C) yang harusnya diganti dengan kata many.

4. Tomatoes(A) grows(B) all(C) year long in(D) Florida.Melihat keseluruhan konteks dalam kalimat tersebut, maka jelaslah bahwa yang dimaksud disini adalah tomatoes dalam bentuk plural. Maka dari itu, pasangan yang sesuai setelah bentuk plural adalah singular. Jadi jawaban (B) salah dan harusnya diganti dengan kata singular grow.

 

Perhatikan Kosakata dan Tata Bahasa yang Benar :

Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa TOEFL structure merupakan bagian yang paling sulit dari keseluruhan pembelajaran tes TOEFL. Oleh karena itu, Anda tidak akan dapat mengerti serta memahami apa itu structure dan bagaimana metode yang benar untuk mengerjakannya hanya dengan sekilas pandang atau mempelajarinya dalam waktu yang pendek. Misalnya, Anda tidak mungkin bisa menguasai soal-soal structure jika Anda baru mulai belajar pada hari Sabtu sementara Anda akan mengikuti tes TOEFL pada hari Senin. Sebagai tambahan, komponen utama dalam tata Bahasa Inggris adalah adanya subject dan verb.
Kehadiran subject dan verb ini sangatlah penting sebagai komponen dasar kalimat. Sementara itu, tata Bahasa Inggris juga mengenal perbedaan waktu pengucapan, apakah itu terjadi pada masa sekarang, masa lampau, atau masa mendatang. Perbedaan waktu ini akan turut mempengaruhi bentuk kata kerja yang digunakan serta rumus yang digunakan. Jadi, pemahaman akan bentuk atau pola rumus (Simple Present atau Simple Past atau Simple Future Tense) merupakan hal yang sangat penting dalam pembahasan TOEFL structure.


ØContoh Soal TOEFL Written Expression dan pembahasannya :

1) On Ellesmere Island in the Arctic one fossil forest consist of a nearly hundred 
                                                                        A                 B
large stumps scattered on an exposed coal bed.
                         C                       D 
Jawab : (B) a nearly 
Keyword : hundred large stumps
Pembahasan : a nearly -> nearly
Kata “a nearly” tidak memerlukan indefinite article/determiner “a”, karena kata benda stumps adalah plural.


2) The surface conditions on the planet Mars are the more like the Earth’s than are 
                A                                                     B                                C
 those of any other planet in the solar system.
                          D

Jawab : (B) The more 
      Keyword : the planet Mars
      Pembahasan : the more -> more
      Pola comparative: more ___ than ___
      Maka seharusnya tidak perlu definite article “the” tapi cukup “more” saja.

3) The midnight sun is a phenomenon in which the Sun visible remains in the sky 
A                                                             B                   C
 for twenty-four hours or longer.
                                         D  

Jawa : (B) visible remains 
      Keyword : the sun
      Pembahasan : visible remains -> remains visible
Kata the sun dalam anak kalimat di atas memerlukan predicate bukan noun phrase (visible remains). 

 

4) The Humber River and its valley form a major salmon-fishing, lumbering, hunting, 
                                               A                        B                 C
and farmer region in western Newfoundland, Canada.
           D

Jawab : (D) farmer 
      Keyword : and
      Pembahasan : farmer -> farming
      Konjungsi and digunakan untuk menghubungkan kelas kata yang sederajat. Karena sebelum “and” bentukatanya adalah gerund maka kata farmer seharusnya diubah dalam bentuk gerund juga yaitu farming

Referensi :
 Philips Deborah, Longman Complete Course For The Toefl Test, Singapore, 2008
http://www.geniustoefl.com/artikel-ilmu-kunci-toefl/artikel/structure-and-written-expression/contoh-soal-toefl-structure-and-written-expression

Tidak ada komentar:

Posting Komentar