Minggu, 30 Oktober 2016

PENDAHULUAN ETIKA SEBAGAI TINJAUAN

1.    Pengertian Etika

Etika sendiri berasal dari Bahasa Yunani Kuno yaitu “ethikos” yang berarti “ timbul dari kebiasaan” adalah sesuatau dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standard dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

Etika merupakan suatu ilmu yang membahas perbuatan baik dan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pokiran manusia. Dan etika profesi terdapat suatu kesadaran yang kuat untk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukan.

2.    Prinsip – prinsip Etika

a)   Prinsip Keindahan
Prinsip ini mendasari segala sesuatu yang mencakup penikmatan rasa senang terhadap keindahan. Berdasarkan prinsip ini, manusia memperhatikan nilai-nilai dan ingin menampakkan sesuatu yang indah dalam periakunnya.
Missal dalam berpakaian, penataan ruang dan sebagainya sehingga membuatnya lebuh bersemangat untuk bekerja.

b)   Prinsip Persamaan
Setiap manusia pada hakikatnya memiliki hak dan tanggung jawabyang sama, sehingga muncul tuntutan terhadap persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, persamaa ras, serta persamaan dalam berbagi bidang lainnya. Prinsip inin melnadasi perilaku yang tidak diskriminatif ayas dasar apapun.

c)   Prinsip Kebaikan
Prinsip ini mendasari perilaku individu untuk selalu berupaya berbuat kebaikan dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Prinsip ini biasanya berkenaan dengan nilai-nilai kemanusiaan seperti menghormati, kasih sayang, membantu orang lain, dan sebagainnya.

d)   Prinsip Keadilan
Adalah kemauan yang tetap dan kekal untuk memberikan kepada setiap orang apa yang semestinya mereka peroleh. Oleh Karena itu, prinsip ini mendasari seseorang untuk bertindak adil dan proposional serta tidak mengambil sesuatu yang hak orang lain.

e)   Prinsip Kebebasan
Prinsip ini dapat diartikan sebagai keleluasaan individu untuk bertindak atau tidak bertindak sesuai dengan pilihannya sendiri. Dalamcprinsip kehidupan dan hak asasi manusia, setiap manusi mempunyai hak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kehendaknya sendiri sepanjang merugikan atau menggangung hak-hak orang lain. Oleh Karena itu , setiap kebebasan harus diikuti dengan tanggu jawab sehingga manusia tidak melakukan tindakan yang semena-mena kepada orang lain.

f)     Prinsip Kebenaran
Kebenaran harus dapat dibuktikan dan ditujukan agar kebenaran itu dapat diyakini oleh individu dan masyarakat. Tidak setiap kebenaran dapat diterima sebagai suatu kebenaran apabila belum dapat dibuktikan. Kebenaran biasanyan digunakan dalam logika keilmuan yangmuncul dari hasil pemikiran yang logis atau rasional.

3.    Basis Teori Etika

1)   Etika Teleologi
Teleologi dari kata Yunani yaitu telos “tujuan, mengukur baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yang ingindicapi dengan tindakan itu atau berdasarkan akibat yang ditimbulakn oleh tindakan itu.
Etika teologi mempunyai dua aliran yaitu :
·         Egoisme Etis
Adalah tindakan dari setiap orang pada dasarnya bertujuan unuk mengejar dan memajukan dirinya sendiri. Satu-satuny atujuan tindakan moral setiap orang adalah mengejar kepentinngan pribadi dan memajukan dirinya. Egoism ini baru menjadi serius ketia ia cenderung menjadi hedonistis, yaiutu ketika kebahagiaan dan kepentingan pribadi diterjemahkan semata-mata sebagai kenikmatan fisik yang bersifat fulgar.

·         Utilitarianisme
Berasal drai Bahasa latin “utilitis” yang berarti “bermanfaat”. Menurut teori ini suatu perbuatan adalah baik jika membawa manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja satu dua orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan. Dalam rangka pemikiran utilitarianisme, kriterian untuk menentukan baik buruknya suatu perbuatan adalah “the greatest happiness of the greatest number” yang artinya “ kebahagiaan tersebar dari jumlah orang yang terbesar”.

2)   Deontology
Berasal drai kata Yunani yaitu “ Deon” yang berarti “ kewajiban”. Mengapa perbuatan ini baik dan perbuatan itu harus ditolak sebagai buruk, deontology menjawab, Karena perbuatan pertama menjadi kewajiban kita dan Karena perbuatan kedua dilarang. Yang menjadi dasar baik butuknya perbuatan adalah kewajiban. Pendekatan ini sudah diterima dalam konteks agama, sekarngmerupakan juga salah satu teori etika yang terpenting.

3)   Teori Hak
Merupakan suatu aspek dari deontology, Karena berkaitan dengan kewajiban. Hak dan kewajiban bagaikan dua sisi uang logam yang sama. Hak didasari atas martabat manusia dan martabat manusia itu sama. Karena itu hak sangat cocok dengan suasana pemikiran demokratis.

4)   Teori Keutamaan
Ialah memandang sikap atau akhalk seseorang, tidak dinyatakan apakah suatu perbuatan tertentu adil, jujur atau murah hati dan sebagainya. Keutamaan dapat didefinisikan sebagai berikut, disposisi watak yang diperoleh sesorang dan memungkinkan dia untuk bertingkahlaku baik secara moral.
Contohnya ialah :
a.   Kebijaksanaan
b.   Keadilan
c.   Suka bekerja keras
d.   Hidup yang baik



4.    Egoisme

Merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan ynag hanya menguntungkan diri sendiri. Egoism bererti menempatkan diri ditengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lian, termasuk yang dicintainnya atau yang dianggap sebagi teman dekat. Istilah lainnya adalah egois.
Egoism adalah cara untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang menguntukan bagi dirinya sendiri, dan umumnya memiliki pendapat untuk meningkatkan citra pribadi seseorang dan pentingnya intelektual, fisik, social dan lainnya. Egoism inin tidak memandang kepedulian terhadap orang lain maupun pada umumnya dan hanya memikirkan diri sendiri.

Teori ini diungkapkan oleh Friedrich Wilhelm Nietche yang merupakan pengkritik keras utilitariasmr dan juga menentang teori kemoralan social. Teori ini berprinsip bahwa setiap orang harus bersifat keakuan,yaitu  melakukan sesuatu yang bertujuan memberikan manfaat kepada diri sendiri. Selain itu, setiap perbuatan yang memberikan keuntungan merupakan perbuatan yang baik dan satu perbuatan yang buruk jika merugikan diri sendiri. 




Sumber :
muaramasad.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-etika-profesi-dan.html

1 komentar: