Minggu, 04 Juni 2017

AKUNTANSI KOMPARATIF : AMERIKA DAN ASIA

Lima Sytem Akuntansi Keuangan Nasional
1. AMERIKA SERIKAT
Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh Badan Sektor Swasta (Badan Standar Akuntansi Keuangan, atau Financial Accounting Standards Board– FSAB). Lembaga pemerintah (Komisi Pengawas Pasar Modal atau Securities Exchange Commission–SEC) juga memiliki kekuasaan untuk menerapkan standarnya sendiri. AICPA (American Institute of Certified Public Accountants) yaitu Institut sertifikasi akuntan publik Amerika sebagai badan khusus lain yang mengaudit standarisasi mereka.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Sistem akuntansi di Amerika Serikat bersifat Common Law dan diatur oleh sektor khusus Dewan Standart Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standard Board-FASB), namun untuk kewenangnya dibawah SEC (Securities and Exchange Commisson). SEC memiliki kewenangan penuh untuk menjelaskan standar akuntansi dan laporan perusahaan publik akan tetapi bergantung pada sektor swasta dalam penerapan standarisasi tersebut. FASB sendiri dibentuk pada tahun 2973 dan pada Desember 2006 telah mengeluarkan Laporan Standard Akuntansi Keuangan 158 dengan tujuan untuk menyediakan informasi yang berguna untuk para investor baik yang telah maupun yang berpotensi menjadi investor, kreditor, dan lainnya yang memutuskan untuk mengambil kredit, investasi.

Laporan keuangan:
1.   Laporan Manajemen
2.   Laporan auditor independen
3.   Laporan keuangan primer
4.   Diskusi manajemen
5.   Penjelasan mengenai kebijakan akuntansi
6.   Catatan atas laporan keuangan
7.   Perbandingan data keuangan
8.   Data triwulan terpilih

Patokan Akuntansi
Peraturan patokan akuntansi di Amerika Serikat berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus berlangsung jika terus diperhatikan. Penggabungan bisnis harus dihitung seperti sebuah pembelian. Goodwill dikapitalisasi sebagai selisih antara harga pasar yang dipertimbangkan dengan harga pasar dibawah aset bersih yang diperoleh. Penetapan harga persediaan dihitung dengan menggunakan metode LIFO, FIFO, dan Average. Selain itu, penyesuaian mata uang asing mengikuti persyaratan dari SFASs nomor 52 yang berdasarkan pada tabahan fungsional mata uang asing untuk menentukan metodologi penyesuaian pertukaran mata uang asing.  

2. MEKSIKO
Pada tahun 1500-an, Meksiko merupakan rumah bagi berbagai macam kebudayaan. Hernando Cortes menaklukan Meksiko pada tahun 1521 serta menemukan koloni Spanyol yang telah ada selama 300 tahun. Meksiko mendelegasikan kemerdekaannya pada 1810 dan diakui merdeka oleh Spanyol pada 1821. Meksiko memiliki free market ekonomi yang besar, dimana mulai membaik pada tahun 1990-an dan membantu mengurangi inflasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta membawa dasar ekonomi yang lebih baik. Perjanjian yang paling penting untuk Meksiko adalah Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara ( North American Free Trade Agreement – NAFTA ) yang ditandatangani dengan Kanada dan Amerika Serikat tahun 1994.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Sistem akuntansi negara Meksiko adalah Code Law, dan standardisasi akuntansinya dikeluarkan oleh Council for Research and Development of Financial Information Standards (Consejo Mexicano Para La Investigacion y Dessarollo de Normas de Informacion Financiera – CINIF). Untuk standardsasi proses audit dikeluarkan oleh Mexican Institute of Public Accountants (Instituto Mexicano de Contadores Publicos) melalui Auditing standards and Procedures Commision.

Laporan Keuangan
Laporan keuangan di Meksiko harus disesuaikan dengan tingkat inflasi yang terjadi, dan harus meliputi:
a) Neraca
b) Laporan Keuangan
c) Laporan perubahan ekuitas
d) Laporan perubahan posisi keuangan
e) Catatan

Patokan Akuntansi
Laporan keuangan gabungan disiapkan saat induk perusahaan mengontrol perusahaan lain, kontrol diindikasikan oleh kemampuan untuk memutuskan operasional dan kebijakan perusahaan. Kontrol biasanya dimiliki saat lebih dari 50 persen saham biasa dimiliki. Metode pembelian digunakan untuk menghitung bisinis gabungan. Goodwill merupakan kelebihan harga pembelian terhadap nilai sekarang asset bersih yang didapatkan.



3. JEPANG
Pembukuan dan laporan keuangan di Jepang menggambarkan adanya percampuran daripengaruh domestik dan internasional. Untuk memahami sistem pembukuan Jepang, kita harus memahami budaya, praktik bisnis dan sejarah Jepang. Perusahaan Jepang memilikiketertarikan ekuitas tersendiri, dan sering kali bergabung dengan firma milik pribadi yang lain.Keterhubungan daerah investasi industri konglomerat  raksasa ini disebut keiretsu.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
a) Hukum Komersial
Diatur oleh kementerian Kehakiman (MOJ). Hukum tersebut merupakan inti dari regulasi akuntansi di Jepang dan yang paling memiliki pengaruh besar.
b) Undang-undang Pasar Modal (SEL).
Diatur oleh Kementerian Keuangan. Undang-Undang Pasar Modal dibuat berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal AS dan diberlakukan terhadap Jepang oleh AS selama masa pendudukan setelah perang dunia II.
c) Undang-undang Pajak Penghasilan Perusahaan.
Dewan Pertimbangan Akuntansi Usaha (BADC) merupakan lembaga penasehat khusus bagi kementerian keuangan yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi sesuai dengan SEL. BADC dapat dikatakan merupakan sumber utama PABU di Negara Jepang sekarang ini. Tetapi BADC tidak dapat mengeluarkan standar yang berbeda dengan hukum komersial.

Laporan Keuangan
1) Neraca
2) Laporan laba rugi
3) Laporan atas perubahan ekuitas
4) Laporan bisnis
5) Jadwal terkait

Patokan akuntansi
Undang–undang perusahaan membutuhkan perusahaan besar untuk mempersiapkan laporan keuangan gabungan. Akun perusahaan pribadi merupakan dasar bagi laporan gabungan, dan prinsip akuntansi yang sama normalnya digunakan pada kedua tingkatan. Banyak praktik akuntansi mendeskripsikan bahwa hal tersebut diimplementasikan pada beberapa tahun terakhir sebagai hasil dari akuntansi big bang.

4. CINA
Pada akhir tahun 1970-an, pemimpin Cina mulai menggerakkan ekonomi dari program terpusat gaya Soviet menuju sistem yang lebih berorientasi pasar namu masih dalam kendali partai komunis. Ekonomi Cina saat ini digambarkan sebagai ekonomi hibrid, dimana negara yang mengontrol komoditas dan industri strategis. Sementara untuk industri lainnya, seperti perdagangan dan sektor swasta ditumbuhkan dengan sistem berorientasi pasar. Melihat perkembangan sistem ekonomi yang ada di Cina, maka sistem dan aturan akuntansi di Cina juga berubah seiring adanya reformasi ekonomi yang terjadi.

Regulasi dan Penegakan Aturan Akuntansi
Pada tahun 1992, Departemen Keuangan mengeluarkan Accounting Standards for Business Enterprises (ASBE). ASBE adalah sebuah konsep kerangka kerja yang dirancang untuk menuntun perkembangan standar baru akuntansi yang ada yang pada akhirnya menyeragamkan praktik domestik dan menyeragamkan praktik akuntansi Cina dengan praktik internasional. Kemudian pada tahun 1998 Cina mendirikan Komite Standar Akuntansi Cina (China Accounting Standards Committee-CASC) sebagai lembaga yang berwenang dalam departemen keuangan yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi. Namu pada akhirnya, tahun 2006 susunan ASBE dikeluarkan, dan ASBE ini menyajikan ketentuan standar akuntansi Cina yang pada hakikatnya sejalan dengan IFRS.

Laporan Keuangan:
1) Neraca
2) Laporan laba rugi
3) Laporan arus kas
4) Laporan perubahan ekuitas
5) Catatan

Patokan akuntansi
Patokan akuntansi di Cina adalah sebagai berikut:
a)    Penggabungan usaha dicatat menggunakan metode pembelian
b)    Kapitalisasi dan Uji penurunan nilai tahunan diberlakukan untuk goodwill
c)    Untuk menghitung usaha gabungan digunakan metode ekuitas
d)    Penilaian aset menggunakan basis harga perolehan
e)    Biaya depresiasi didasarkan pada basis ekonomi
f)     dan penilaian persediaan menggunaka FIFO dan rata-rata.

5. INDIA
India berada di belahan benua Asia Selatan, dengan Pakistan di sebelah barat, Cina, Nepal dan Bhutan di sebelah utara, dan Bangladesh sebelah timur. Dari tahun 1947 sampai akhir 1970-an, ekonomi India digolongkan dengan bergaya program sosial pemerintah terpusat dan industry pengganti barang impor. Produksi ekonomi telah berubah dari pertanian, kehutanan, perikanan, dan manufaktur tekstil dengan beragam industry berat dan transportasi.

Regulasi dan pelaksanaan akuntansi
Penetapan lembaga pertama diatur dalam Undang-Undang Tahun 1857 dan hukkum pertama berhubungan dengan pemeliharaan dan pemeriksaan catatan akuntansi yang telah dilaksanakan pada tahun 1866 bersama dengan kualifikasi resmi auditor pertama yang berlandaskan hukum Inggris. Akta perusahaan 1956 diatur dan diperbaharui oleh agen pemerintah dan departemen urusan perusahaan. Akta tersebut menyediakan cara kerja yang luas dimana disebut kitab akuntansi.

Laporan keuangan
1.   Laporan neraca 2 tahun
2.   Laporan laba rugi
3.   Laporan arus kas
4.   Kebijakan akuntansi
5.   Catatan

Pengukuran akuntansi
Pengukuran akuntansi di India adalah sebagai berikut:
a)   Penggabungan, untuk penggabungan usaha tidak ada standar akuntansinya tetapi sebagian besar menggunakan metode pembelian yang disebut amalgamatio
b)    Goodwill, dikapitalisasi, diamortisasi dan di uji impairmentnya (pengurangannya
c)  Penilaian aset tetap memakai nilai wajar dan harga perolehan, sedangkan aset tidak berwujud diamortisasi lebih dari 10 tahu
d)   Biaya persediaan dihitung yang lebih rendah antara harga perolehan dan nilai yang dapat direalisasi, FIFO, dan rata-rata
e)   Sewa pembiayaan dikapitalisasi dalam nilai lancar pasar dan dideperesiasi terhadap masa penggunaan sew
f)      Sewa operasional dicatat sebagai biaya dengan metode garis lurus.


Kesimpulan :
Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh Badan Sektor Swasta (Badan Standar Akuntansi Keuangan, atau Financial Accounting Standards Board– FSAB) dan sistem akuntansi di Amerika Serikat bersifat Common Law.
Meksiko memiliki free market ekonomi yang besar, dimana mulai membaik pada tahun 1990-an dan membantu mengurangi inflasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta membawa dasar ekonomi yang lebih baik. Sistem akuntansi nya Code Law. Jepang juga merupakanmerupakan rekan dagang utama Cina dan Meksiko.Ekonomi Cina saat ini digambarkan sebagai ekonomi hibrid, dimana negara yang mengontrol komoditas dan industri strategis dan banyak perusahaan yang bersaing untuk berbisinis disana.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar